drama sakit perut part 3

Saturday, April 27, 2024

drama sakit perut part 3


Haloooow
Mau ngelanjutin cerita kemarin nih. Setelah hari itu selesai, besoknya pagi-pagi udah ke rumah sakit buat ketemu dokter anastesi jadi harus izin ke atasan buat masuk telat. Singkat cerita sampailah aku di poli anastesi jam 7, udah ada 1 orang yang antri dan masih belum ada petugas disitu. Yaudah kita nunggu sambil beberapa orang mulai berdatangan. Sekitar jam 8 udah mulai ada perawat yang masuk, nunggu beberapa menit dipanggilah nama aku. Disitu ditanya2, tapi feeling-ku agak ga enak ketemu perawat ini pembawaannya agak ngajak ribut menurutku. Ga berapa lama dipanggil buat ketemu dokter. Kebetulan dijam itu dokter yang praktek cuma 1 orang aja.

Sampai didalem.
"Mau tindakan endoskopi ya?"
"Iya"
Ditanya tu macem-macem mulai dari berat badan sampe alergi obat. Baru tau disini, ternyata berat badan mempengaruhi dosis bius yg dipake nanti
"Sudah berkeluarga?"
"Belum"
"Orang tua dimana?"
"Di Semarang dok"
"Berarti disini tinggal sendiri?"
"Iya, ngekost sendiri disini"
"Besok waktu tindakan bawa pendamping ya, soalnya ini bius total"
"Harus ada pendamping dok?"
"Iya, soalnya ini bius total. Jadi kalo amit-amit ada apa-apa ada orang yang sadar dan bisa ditanya buat ambil keputusan"

Deg, jadi deg-degan gue wkwk
Keluarlah aku bawa form yang harus diisi & ditandatangani. Aku emg diminta ngisi form di seberang perawat disitu, udah itu selesai ngisi form-nya aku foto form nya biar bisa ku baca-baca lagi nanti. Jadi aku paham yang sebenernya aku ttd in tu apa, soalnya buru-buru mau cepet ke kantor lagi ada acara rapat juga yg melibatkan se-Indonesia. 
Bjir perawatnya menurutku agak resek sih, tiba-tiba dateng
"Itu tadi foto apa?"
"Foto form nya sus, biar saya bisa baca-baca lagi nanti"
"Hapus sekarang, saya tunggu. Itu ada tulisan dilarang mendokumentasikan pelayanan. Ga dibaca?"
"Saya baca, lah tapi ga dibilang form juga. Orang pelayanan dan petugas disitu yang ga boleh di dokumentasikan. Besok diganti tu bannernya"
"Sama aja format form termasuk" dia ngotot

Aku kasi pembelaan karena pas di loket pendaftaran juga aku foto form didepannya petugas persis malah, dan dia ga mempermasalahin lol. Itu buat catatan aku karena emg kita ga dapet copy an form yang ku diisi. Kecuali kita dapet tu ya nulis di form yang ada copy-annya kalo nulis tembus ke belakang ya ga akan ku foto form-nya. Mau ga mau kuhapus lah foto itu, daripada ga selesai-selesai tu urusan. Dari awal emg vibes perawat itu ga menyenangkan, ngomongnya sengak dan pas liat pasien lain di interview sama dia walaupun udah tua tetep aja nadanya tinggi. Sabar bu, ada masalah apa dirumah? Jangan dibawa ke kerjaan lah wkwkwk

Akhirnya sebelum kuserahin form-nya ke perawat, aku duduk lama disitu buat baca-baca dan browsing maksud dari form itu apa. Intinya sih menyetujui kalo bersedia di lakukan TIVA, apaan tuh. Setelah browsing ternyata terkait jenis bius kepanjangannya Total Intravenous Anasthesia, wkwk susah amat yak, ga paham detail nangkepnya cuma bius total gitu aja. Selesai itu, form ku kasi ke perawat. Pergi ke kantor dengan hati yang agak dongkol. Drama drama wkwk.

Hari itu H-1 sesuai jadwal yang dikasi dokter. Cerita itu ke adek dan kakak yang di Semarang, akhirnya minta tolong adek buat temenin tindakan besok, dan dia mau. Sorenya dia naik kereta dari Semarang ke Jakarta sampenya malemnya. Drama selanjutnya dimulai. Posisi adek udah di kereta, tapi aku belum dapet info apa-apa dari rumah sakit karena katanya H-1 bakal diinfo lewat whatsapp. Pulang kantor, mampirlah aku ke rumah sakit langsung ke endoscopy center, kebetulan ada perawat yang jaga disana tanyalah aku pada dia. 

"Mba, mau tanya kalau jadwal hari Jumat atas nama Menur jam berapa ya?"
"Sudah dapat konfirmasi whatsapp belum?"
"Belum, tapi kata dokter saya jadwal nya besok sore. Sampai sekarang belum ada info apa-apa"
"Tapi ga bisa dilihat ya saya jadwalnya kapan? Biasanya konfirmasinya kapan?"
"Ga tau, yang susun jadwal teman saya. Teman saya sudah pulang. Konfirmasi H-1 biasanya. Ke poli anastesinya kapan ya?" Agak gemes denger jawaban "ga tau", kan bisa bilang sebentar saya tanyakan dulu gituh. Dulu juga pernah kerja dipelayanan, haram hukumnya bilang ga tau tu wkwk
"Tadi pagi"
"Oh baru ya, tunggu aja paling ga semingguan"

Lol adek ku udah mau nyampe malemnya, mana minggu depan dia ada acara lagi dan aku posisi udah ngajuin cuti Jumat + Senin wkwkw. Ga puas aku sama jawabannya, jalanlah aku ke perawat poli penyakit dalam yang biasa ngelayanin disitu. Dengan wajah bawaan juteknya dia jawab dengan informasi yang enak.

"Mba, kemarin kan saya dapet jadwal endoskopi dari dokter buat besok ya tapi belum dapet konfirmasi"
"Jumat ya, coba saya cek ya jadwal yang buat Jumat" 
Nyess ga sih denger respon gini?
Dia ngecek di grup apa gitu kayanya yg biasa share jadwal endoskopi kali
"Belum ada jadwal keluar di Jumat, tunggu aja ya infonya. Tapi kemungkinan bisa Sabtu juga soalnya ada pasien yang dijadwalin dr.H di Sabtu. Coba tanya ke endoscopy center aja"
"Oke, terima kasih mba"

Wkwkw padahal aku udah nanya kesana, tapi ya infonya segitu aja. Seneng dapet respon gitu disini hehe. Bidang pelayanan tu emang berat, tapi insyaAllah pahalanya ngalir kadang kalo pas kita lagi ngelayani pengguna layanan terus merasa dilayani dengan baik, senengnya tu didoain terang-terangan atau didalam hati. Senengnya bukan maen. "Sehat-sehat & lancar urusannya ya mba"

Singkat cerita dapetlah aku konfirmasi jadwal di hari Sabtu pagi jam 8 dan persiapannya apa aja sebelum tindakan.

Besok paginya jam 7 udah sampe rumah sakit, persiapan lala lili sampailah aku naik ke atas bed
"Sus mau ke toilet dulu boleh?" Wkwk dasar beser
Sebelum tindakan ditanyain sama suster macem-macem yang salah satunya nanyain berat badan sama alergi obat disitu juga ada dokter yang lagi ngetik-ngetik gitu sambil nyimak
"Oh alergi paracetamol ya"
"Iya"
Susnya bilang "Kerudungnya nanti dilepas ya"
Wkwk agak nyesel tadi pake baju yang potongan dadanya agak rendah lol. Singkat cerita udah naik lagi ke bed dan digeser ke ruangan yang alat endoskopi nya. Ga berapa lama udah diposisikan tidur hadap kiri dengan ada alat yang ditempel di perut & dada, selang oksigen di hidung dan jarum yang nempel di punggung tangan buat dimasukkin bius. 

Sebelum tindakan, aku ngelihat dokter sama perawat ada didepanku ada juga perawat dibelakang dan yang nge bius didekat kaki ku. Dibacalah profil aku sama perawat, dimulailah berdoa. Langsung ngerasa takut disitu hiks beneran ini? Kaya ya Allah, masih mau bangun yaAllah. Setelah selesai, bius dimasukin melalui jarum yang udah nempel dipunggung tangan. 

"Nanti kalau dibius jangan dilawan ya"
Reaksi nya ke aku setelah bius itu masuk rasanya badan ga bisa gerak, tapi kaya bingung agak nyeri ngilu pusing gitu, terus aku malah gerak-gerakin kepala wkwk. Posisi masih sadar aku ngelihat dokter maju, terus ada tangan perawat yang dibelakangku nempelin tangannya ke pipi aku, kayanya mungkin biar ga gerak-gerak. Setelah itu sama sekali ga sadar dan lupa wkwk. Oh berarti gerak-gerakin kepala tu bentuk perlawanan ya wkwk bisa gitu ternyata.

Singkat cerita aku sadar kriyip-kriyip karena ditarik lengannya dari belakang sama perawat yang nyuntikin bius tadi, aku inget karena satu-satunya perawat cowo disitu. 
"Sudah selesai ya bu"
Karena masih kriyip-kriyip ga berapa lama aku merem lagi wkwk. Tersadar kembali pas ada perawat yang ambil bantalku, kali itu aku langsung lebih sadar dan batuk-batuk. Di serong depan kelihatan dokter lagi tindakan. Aku lihat layar endoskopinya dokternya sama perawatnya. Oh jadi tadi aku gitu yah. Nunggu lumayan beberapa waktu, ada perawat lagi yang dateng
"Sudah dijelaskan hasilnya belum sama dokternya?"
"Belum"
"Belum ya? Yasudah tunggu dulu. Siap-siap aja dulu, duduk kerudungnya dipakai"

Mulai pindah ke posisi duduk tapi masih agak pusing sambil bengong setengah sadar nyari-nyari kerudung dimana yak, tiba-tiba dokter udah disebelahku wkwk
"Sudah selesai ya mba, hasilnya tidak parah ya. Ada luka di eksofagus sama ada peradangan di lambung. Setelah ini boleh pulang, nanti minum obat saja"
Keknya gitu deh ngomongnya wkwk. Aku diem aja, ga respon apa bingung tapi dalam hati alhamdulillah.
Another diem session part 2 lol mayan lama. Setelah itu dokternya beranjak, aku ga bisu lagi "terima kasih ya dok" dan dokternya juga diem aja. 11 12 wkwk

Udah abis itu aku di pindahin ke ruang satunya, beres-beres pake kerudung dan balik lagi keluar ke administrasinya didepan. Dikasi lah aku hasilnya dan aku nanya
"Tadi kata dokter mau dikasi obat itu ambilnya dimana ya?"
"Oh gitu, berarti ketemu dokter di poli ya"
"Berarti daftar kaya rawat jalan biasa gitu ya"
"Iya betul"

Sampe keluar ketemu adekku posisi udah hampir jam 9. Hampir 2 jam ya didalem, perasaan ga lama-lama banget deh. Setelah selesai langsung cari sarapan dan booking jadwal poli terdekat buat ketemu dokternya yang ternyata baru available 2 minggu kemudian.

Dah yaa segini dulu, tar lanjut lagi. Babayyy

Regards, 
Menur






0 respons :