curhat dikit

Sunday, March 24, 2024

curhat dikit


Post ini di sponsori oleh Menur yang jadwalnya Jumat sore kemarin pulang ke Semarang, tapi gagal karena harus ke rumah sakit lagi buat USG di Sabtu pagi :(

Kalo disini susah banget yak tidur dibawah jam 10, kalo di Semarang jam 10 juga udah lelap banget hiks

3 tahun ini hubunganku lagi erat-eratnya sama rumah sakit. 2022 dan 2023 aku ke rumah sakit karena ibu. Tahun 2024 ini aku yang jadi pasien dan ini sih paling berat. Kadang suka bengong, eh lebih ke speechless dengerin dokter jelasin dan ga bisa nyautin. Oh gini to rasanya jadi pasien, biasanya juga paling semangat nimpalin sama nanya-nanya detail ke dokter buat ibu tapi ketika jadi pasien, hmm jadi banyak diemnya. Rasanya cape banget bolak balik sendirian :( yah gimana lagi, emang lagi hidup sendiri disini. 

Kilas balik sedikit di 2022
Ibu lagi drop, gula darah tinggi plus ada luka dikaki yang awalnya kecil dan dalam waktu singkat lukanya cepat sekali menyebar. Awalnya hanya dirawat oleh perawat luka, sampai akhirnya perawat bilang ini harus dibawa ke rumah sakit. Ibu dan bapak menolak keras, sampai ga tau lagi harus ngomong gimana lagi. Anak-anaknya mohon-mohon biar mau sampai nangis-nangis juga belum ada tergerak hatinya, dan puncaknya di lebaran 2022 ibu drop banget sampai solat pun tayamum dan posisinya tiduran karena badan rasanya lemas sekali. 

Lebaran 2022 dilewati dengan banyak dirumah saja, waktu itu cuma anak-anak aja yang dateng ke acara keluarga besar, dan ga betah lama-lama pengen cepet pulang.

Liburan lebaran usai, kembali lagi ke ibukota (yang sebentar lagi udah dicopot statusnya). Pamit ibu bapak, for the first time in forever aku dinangisin ibu ga berhenti-henti sambil bilang. "Loh Menur kok udah ke Jakarta lagi". 
Hati anak siapa yang ga patah denger itu? 

Berbulan-bulan setelah kejadian itu aku kepikiran buat resign atau cari kerja apa aja yang di Semarang aja, sampai aku berani cerita ke kakak. "Jangan nur, sayang insyaAllah ada aku sama adek disini"

Singkat cerita, absennya ibu & bapak di acara keluarga tahun 2022 itu akhirnya kita dapat pertolongan dari Budhe (kakaknya ibu) yang intinya nasehatin ibu buat ke dokter. Pada akhirnya ibu dan bapak mau nerima, tapi ke dokter aja jangan ke rumah sakit. 

Senin, hari pertama aku mulai masuk kantor setelah libur lebaran jadi Senin paling berat. Dateng dengan mata sembab, tapi orang-orang semua ceria & salam-salaman. Mungkin aku orang paling aneh disitu, ga ada nyalamin orang duluan kalo ga disalamin duluan, even atasan atau temen sebaris meja. Maaf, aku lagi kacau waktu itu.

Dihari yang sama, sore hari ibu dianter adek, kakak sama bapak buat ke dokter spesialis endokrin diabetes metabolik yang buka praktek diluar rumah sakit yang terhitung senior dan punya reputasi baik menangani pasien-pasiennya. Mendengar cerita adek dan kakak, dokter memerintahkan harus segera ditangani "besok harus masuk UGD RS Karyadi, saya praktek disana". Ibu tentu serta merta menolak, tapi bapak sudah mulai luluh mendengar penjelasan dokter tentang keadaan parah ibu waktu itu. Dokter itu punya cara komunikasi khas yang bisa "didengar" oleh "orang tua" sampai-sampai adek dan kakak saya kaget hehe. 

"Ibu kalau ga mau ke rumah sakit, penyakitnya mau dipelihara?" Jleb banget ga tu?

Mau tidak mau ibu masuk rumah sakit lewat UGD, beberapa hari dirawat infus insulin untuk menstabilkan gula darah yang hampir 600 sebelum tindakan. Aku ingat itu hari Kamis bulan Mei 2022, bapak tanda tangan persetujuan tindakan, dokter menyarankan itu pilihan terbaik sebelum lukanya tambah menyebar. Ibu mau tidak mau merelakan separuh telapak kaki kanannya untuk diamputasi.

Minggu itu aku cuma bisa bantu doa dan bantu cari darah untuk tindakan. Susprisingly, bener-bener ga nyangka temen-temen kantor lama sangat peduli sat set dan dalam waktu beberapa jam kuota kebutuhan darah sudah terpenuhi, bahkan sampai mereka siap dihubungi kalau ada kebutuhan lagi. Kalian baik dan tulus banget masyaAllah semoga dibalas oleh Allah kebaikan yang banyak, aamiin. Love you all

Saat itu pekerjaanku sedang hectic-hecticnya, dapet dispo pekerjaan banyak banget & urgent semua. Sampai akhirnya pekerjaanku beres di Kamis sore, akhirnya aku memberanikan diri masuk ke ruangan ke atasan ngajuin izin buat besok ga masuk. 

"Bu, saya izin besok ga masuk"
"Kenapa? Mau ke Semarang?"
"Iya bu"
"Ada urusan apa ke Semarang?"
"Ibu saya operasi bu", sambil gemeter
"Kapan?"
"Hari ini bu, tapi saya harus selesaikan pekerjaan ini dulu bu"
"Kok ga bilang. Iya, silakan"
Ibunya mempersilakan tanpa bertanya panjang, karena kayanya beliau tau kalau dipanjangan yang ada aku nangis bombay :')

Besoknya waktu udah sampai Semarang baru berani cerita kondisi sebenarnya lewat wa ke temen-temen & atasan

Di tahun itu, setiap Jumat sore pulang kantor aku pulang Semarang, kembali lagi Minggu malam. 
Aku jadi mengenal dan bersahabat karib sama kereta ekonomi, bus dan travel malam. Yah gaji segitu cukupnya pakai itu. Mengencangkan ikat pinggang banget waktu itu, sampai-sampai tabunganku ludes ga bersisa. Cari makan yang ngenyangin tapi murah, udah ga ada lagi anggaran buat main dan sekadar belanja baju atau skincare. 

Berat banget saat itu, tapi aku menikmatinya, aku tidak ingin menyesal nantinya.

Capek fisik, perjalanan PP 13 jam dan aktifitas dirumah
Capek pikiran, "ibu gimana ya sekarang kondisinya" tiap hari

Cuti sebulan sekali buat anterin kontrol ibu, karena yang paling memungkinkan saat itu aku ya walaupun aku posisi ga di Semarang

Kalau dipikir-pikir kok aku bisa ya gini?
Alhamdulillah-nya ditahun itu disaat aku mobilitas tinggi + bolak balik RS always negatif COVID19, karena ada fasilitas tes bulanan dari kantor. Dan tes tambah ketika temen satu subbag yang tiba-tiba positif.

Allah Maha Baik 

Duh, udah ganti hari nih. Istirahat dulu yaa biar besok bisa bangun sahur hihi

Regards, 
Menur

0 respons :