drama sakit perut part terakhir (semoga ga kambuh-kambuh lagi)

Sunday, May 26, 2024

drama sakit perut part terakhir (semoga ga kambuh-kambuh lagi)


Hellooow
Lanjutan post terakhir kemarin tentang sakit perut. Singkat cerita aku didiagnosa: gastroesophageal reflux disease with oesophagitis. Itu pun aku tau gara-gara dapet cetakan registrasi waktu mau USG Abdomen wkwk. Ga tau ga ada kepikiran & ga nanya: "Dok saya sakit apa?" Wkwkwk

Setelah endoskopi, diminta dateng kontrol 2 minggu sekali sampai 8 minggu. Cape banget rasanya wkwk. Selama 8 minggu si sakit perut itu timbul tenggelam kaya yang kadang sakit sedikit sampai yang melilit. Kambuh kaya sekitar 3-4x yang kerasa nyeri mengganggunya dan menjalani puasa dengan dada yang sesek di awal-awal minggu puasa. Setelah 8 minggu kontrol selesai, sebulan lagi diminta buat kontrol lagi. Aku inget, aku kontrolnya hari Rabu, 2 hari setelah libur panjang lebaran. 
"Ga kerasa sakit sih dok, tapi kadang ngerasa sakit kalo pas salah makan aja. Konsekuensi sih kayanya"
"Oh hmmm"
Wkwkw pengakuan dosa ga tuh
"Ada masalah kalau BAB?"
"Ga ada dok, aman"
"2 minggu lagi kesini lagi ya"
"Harus kesini lagi dok?" Pake nada agak protes
"Iya. Yaudah kalau ada keluhan aja"
Saat itu aku udah yakin banget full sembuh dan ga kenapa-kenapa lagi.
Wkwkwk dokter ini emang demokratis banget sih beberapa request pernah beberapa kali kutolak macem USG, tapi ga pernah maksain. Tapi akhirnya nurut juga aku, lol, setelah kupikir-pikir ga ada salahnya juga sih kalo dilakuin dan cocok sih aku ga suka kalo dipaksa wkwk. 

You know what? Besoknya persis aku mencret bener-bener yang air gitu. Padahal makan biasa-biasa aja dan ditempat yang biasa aku beli. Wkwkwk takut, dokternya jangan-jangan cenayang. Ga ding mungkin instingnya udah jalan karena ketemu banyak pasien.

Eh lha kok selang 4 hari setelahnya, di hari Minggu malem kambuh lagi. Sebagai orang yang lumayan tahan sakit, ini sakeeeet banget yaAllah. Pagi nya udah kerasa sih agak lemes badan, awalnya sih mikir apa kecapean gara-gara olahraga kemarin. Makin siang badannya makin ga bener. Yang tadinya mau olahraga sorenya, belok arah buat pijet aja. Sesi pas dipijit kaki kanan yang bagian melengkung gilaaa sakit banget, kaya diiris-iris. Beneran sakit banget
"Sakit ya mba? Mba nya ada sakit lambung ya?"
"Iya, sakit banget ini. Heem mba ada" 

Ga ada curiga tu kalo lambung ku kumat. Selesai pijet badanku enakan. Pulang ke kost beli makan dulu, dijalan badan rasanya agak meriang yaudah mampir beli air kelapa muda. Sampai kost yaAllah lemes kali aku tu. Sakit lambung plus diare, kebayang ga tuh rasanya? Demam, keringet dingin, nyeri perut, pusing, lemes, diare. Baru kali itu aku makan sambil hoek-hoek, ga nikmat banget. Malem itu aku lebih percaya buat minum air kelapa buat ngilangin keluhanku, karena udah minum obat 8 minggu plus obat dari dokter klinik umum hampir 2 minggu, mikirku kalo start minum obat lagi bakal panjang lagi. Abis selesai beres-beres agak merangkak buat tidur karena lemes pol, berharap besok enakan abis minum air kelapa.

Alhamdulillah bisa bobok, karena lemes sih walau badan rasanya sakit dimana-mana dan ga karuan. Harapan itu pupus, paginya rasanya sama aja. Ga berkurang sedikitpun, termasuk mencretnya. Tapi aku masuk kantor, harus ada kerjaan yang diselesaikan. Akhirnya dengan terpaksa aku start lagi minum obat dokter plus minum norit buat mencretnya. Keyakinan buat ga ke rumah sakit lagi berubah 180 derajat, langsung lah daftar poli buat minggu depan yang artinya 2 minggu dateng lagi setelah kontrol terakhir :)

Sakit dan diarenya lumayan bertahan sampai hari ke-5. Ditambah sakit gigi di hari ke-5 itu yang mengharuskan ku dateng ke dokter gigi. Hiks sedih banget, perasaan sakit mulu ni bocah

Di kontrol selanjutnya konsul lah keluhan-keluhan kemarin
"Dok minggu kemarin saya kambuh lagi lebih sakit dari sebelumnya, tapi sakit perutnya pindah-pindah ditambah diare. Tapi sekarang udah enakan sih"
Lalala lilili. Pak dokter sambil ngetik-ngetik.
"Dok, saya boleh nanya ga?"
"Iya"
"Kalau seandainya nanti kambuh kaya gini lagi saya harus gimana ya? Minum obat gitu atau gimana?"
"Ya minum obatnya. Kalau ga kuat ke IGD aja, biasanya dikasi obat lewat suntikan bilang aja pasien dr.H"
Singkat cerita gitu. Sengaja tanya itu biar tau pertolongan apa yang tepat & harus dilakukan ketika itu terjadi. Dan rencananya kalau kumat pengen minum obat aja karena keluhan lumayan berkurang banget dan kalo ke poli lama-lama super melelahkan guys wkwk. Nyetok dah tu obat-obat di kamar dan selalu sedia di tas. Nah kalo IGD bener-bener opsi terakhir banget.

Bismillah ya ga kumat-kumat lagi. Dari pengalaman kambuh dan pijat terakhir, akhirnya mencoba ikhtiar nih pengen coba rutin refleksi 2 minggu sekali, ini udah jalan 2x alhamdulillah ga kambuh. Ya walaupun bayar, ga di cover BPJS better sih ga harus tersiksa kalo kumat.

Kalo ditelisik kebelakang emang dari kuliah aku ada riwayat maag yang waktu kambuh bisa ga doyan makan dan tiap makan muntah sampai turun 5 kg lol wkwk. Di tahun pertama sampai kedua di Jakarta kepala sering banget pusing, terus coba ke tempat pijat langganan di Semarang yang cuma dipijat kakinya eh katanya asam lambung wkwk. Emang kayanya udah ada riwayat. Ditambah akhir tahun lalu & awal tahun ini lagi sering minum kopi. Adekku merhatiin dari liburan akhir tahun sebenernya udah mulai batuk-batuk. Puncaknya pas itu perut kosong minum kopi dan pesen makan pedes wkwk. Gong lah itu.

Sehat-sehat yuk, bismillah

Regards,
Menur yang lagi di kereta menuju ibukota setelah long weekend

0 respons :